Pontianak, Upaya dalam penataan Perguruan Tinggi, tentunya bukanlah hal yang mudah. tidak hanya berfokus pada pembangunan gedung saja, tetapi penjaminan pada mutu pendidikanlah yang menjadi prioritas utama. “Jadi penguatan mutu bersifat sangat penting dan menentukan bagi maju mundurnya Perguruan Tinggi. Kita harus mampu meningkatkan kualitas, baru bisa bersaing dengan Perguruan Tinggi yang besar lainnya”, jawab Rektor Universitas Panca Bhakti Dr.Purwanto, SH, M.Hum baru ini kepada wartawan di Rektorat UPB.

Salah satu strategi UPB untuk dapat bersaing dengan PT lainnya, ialah dengan merekrut dosen-dosen muda dan baru dari berbagai Universitas unggulan/terkemuka di Indonesia. Para dosen ini terdiri dari lulusan ITB, UGM, IPB, Univ Telkom, Udayana, UNS, UMS, Brawijaya, dan Untan. “Dengan adanya perekrutan tenaga pendidik dari berbagai universitas unggul tersebut, semoga dapat mewarnai dan merubah atmosfir akademik UPB menjadi lebih baik”, seru Dr. Purwanto, SH, M.Hum.

Relasi, supervisi dan koordinasi yang baik serta optimal oleh organ yayasan kepada Universitas sebagai pelaksana, menjadi modal sosial dalam meningkatkan percepatan untuk mengembangkan dan membesarkan Universitas Panca Bhakti sebagaimana yang dicita-citakan oleh para pendiri dalam mewujudkan Universitas yang terdepan dan terkemuka. Rektor Purwanto mengatakan dengan adanya penambahan dosen-dosen baru dan muda dari lulusan Universitas terkemuka ini, diharapkan juga dapat meningkatkan semangat baru dalam proses belajar mengajar sehingga lulusan UPB semakin diperhitungkan. Proses penerimaan sendiri bersifat terbuka untuk umum, dengan melalui serangkaian tes yang telah disiapkan. Mulai dari seleksi administrasi, TPA, tes wawancara, mengajar dan tes piskotes dengan mengutamakan jiwa tenaga pendidik yang bersifat positif.

Rekrutmen ini berjalan seiringan dengan upaya mengakomodasi statuta Universitas Panca Bhakti dimana pendidikan akan dipilah menjadi 3 bagian, yakni Pendidikan Vokasional, Pendidikan Fakultas-Fakultas dan Pendidikan Pascasarjana. Direncanakan dosen-dosen baru inilah yang akan memperkuat SDM pada prodi-prodi baru yang masih dalam proses pengajuan, diantaranya: Prodi Vokasional DIII fisioterapi, D III Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit, dan Prodi S1 Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan pada Fakultas Teknik. Dengan demikian volume kegiatan pengajaran dan pendidikan juga dilakukan peningkatan. UPB juga telah  menjalin kerja sama dengan berbagai Perguruan Tinggi, baik dari dalam ataupun luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja, Brunei Darussalam, dll. Disamping itu, hal ini dilakukan untuk proses regenerasi dalam mengisi kekosongan yang ada, mengingat banyak dari dosen UPB senior yang telah memasuki masa pensiun.

Tentunya kemajuan kampus bukan hanya bergantung pada kualitas dosen ataupun keaktifan mahasiswa semata. Perlu adanya lulusan UPB yang bersifat mandiri dan berjiwa enterprenuer. Didukung pula dengan semakin banyak hasil penelitian yang bermutu, dan dipublikasi secara online yang berskala jurnal internasional, Demikian Rektor mengakhiri keterangannya. (R)

Alamat

Universitas Panca Bhakti

Jalan Kom Yos Sudarso,
Kec. Pontianak Barat,
Kota Pontianak,
Kalimantan Barat
78244

mail@upb.ac.id

(0561) 772627

Pin It on Pinterest

Shares
Share This